NEWS

 

 

Mungkin Cara Mancing Terunik Sedunia Ada di Indonesia

Faela Shafa – detikTravel – Jumat, 08/05/2015 08:16 WIB
Intata – Ada satu tradisi yang begitu unik di Intata, Sulawesi Utara. Di sini ada tradisi Mane’e, menangkap ikan dengan janur alias daun kelapa. Mungkin inilah cara memancing paling unik sedunia.

Setiap bulan Mei, ada upacara penangkapan ikan dengan menggunakan daun kelapa muda atau janur. Mengapa Mei? Karena pada bulan ini ada masa di mana air surut paling dalam.

Tahun ini Mane’e berlangsung pada tanggal 7 Mei 2015. Ratusan pengunjung sudah memadati pulau. Kali ini, acara dihadiri Menteri Perikanan dan Kelautan dan Dirut PELNI.

“Dimulai pagi hari, pukul 07.30 Wita dan selesai pada siang hari, sekitar 14.00 Wita ,” ujar Ketua Umum Panitia Mane’e, Yeti Puluh kepada detikTravel, Kamis (7/5/2015).

Caranya, mereka menyambung janur hingga 5 kilometer, bayangkan! Janur lalu dibentangkan ke laut sambil dipegang oleh para nelayan asal Pulau Kakorotan.

Semakin air surut, semakin mudah para nelayan mengarahkan ikan ke palung tepi pantai. Ikan tak ditangkap, hanya diarahkan dengan barisan janur sampai mereka berenang ke palung.

Saat surut, ikan sudah memenuhi palung. Kemudian para nelayan memasukkan ikan secukupnya ke perahunya. Selanjutnya ikan dibagikan ke para yatim piatu, janda dan lainnya.

“Ikan yang didapat beragam. Tapi kalau yang dilindungi harus dilepas lagi,” tutup Yeti.

Sumber :
Detik.com – DetikTravel

 

Destinasi wisata baru di Sulawesi Selatan

Inilah pantai yang indah itu dengan sebutan Marina BeachdetikTravel Community –  

Bantaeng kini mulai unjuk gigi sebagai destinasi wisata baru di Sulawesi Selatan. Bantaeng memiliki Pantai Marina yang disuka wisatawan untuk liburan di akhir pekan.

Pantai yang indah ini letaknya di perbatasan Bulukumba-Bantaeng. Pantai ini disukai wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Sungguh menakjubkan dan membuat saya tak bosan mengujungi tempat ini. Pantai marina punya indahnya lautan yang membiru, pasir yang putih, dan dilengkapi fasilitas lainnya. Pemandangn alam di kawasan ini sungguh indah.

Dengan sebutan Marina Beach, pantai ini menyediakan tempat penginapan dan mini car sebagai fasilitas untuk mengelilingi keindahan pantai ini. Di sini juga terdapat warung-warung kecil yang menyediakan khas makanan sulawesi contohnya Kapurung, barobbo, dan minuman sara’bba.

Pantai Marina banyak dikunjungi oleh para wisatawan pada saat hari libur. Tarif untuk masuk di kawasan pantai ini tidak mahal, hanya Rp 5.000 per orang. Wow, inilah yan membuat para pengunjung tak bosan-bosannya ke sini untuk menghilangkan suasana bosan menjadi senang dan tentram.

Sumber :
Detik.com – DetikTravel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s